• Model : representasi objek atau sistem
• Pemodelan : kreasi dan manipulasi representasi objek atau sistem
• Model -> Render -> Display
• Tipe Model – Model Geometri
• Penggunaan entitas geometri untuk menggambarkan objek
• Contoh : garis, poligon, kurva, dll – Model Descriptive
• Representasi matematik atau konseptual
• Contoh : persamaan dan deskripsi atribut
• Representasi Pemodelan – Constructive Solid Geometry (CSG) dan Hierarchical Modelling – Hierarchical Modelling : model grafis yang disusun dari sejumlah model individual – Hierarchical model melibatkan proses transformasi
Representasi
• Representasi Objek 3D – Representasi Batas
• Representasi Permukaan
• Facet poligon, permukaan spline dikonversi ke dalam bentuk jaring poligon – Representasi Solid (Space partitioning)
• Representasi objek melalui sekumpulan set padat (kubus).
Illuminasi
• Illuminasi : Perpindahan energi (khusunya luminous flux dari cahaya yang terlihat) dari sumber cahaya ke permukaan dan titik-titik.
• Bagaimana kita memodelkan cahaya/sinar ?
• Bagaimana kita memodelkan pantulan dari permukaan yang dikenai cahaya
• Komponen Illuminasi : – Sumber Cahaya
• Spektrum Daya Pancar/ Emittance Spectrum (Warna)
• Geometry (posisi dan arah)
• Pelemahan Arah /Directional Attenuation – Properti Permukaan/Surface Properties
• Spektrum Pantulan /Reflectance Spectrum (Warna) untuk beragam aspek illuminasi
• Geometry (posisi, orientasi,dan struktur mikro)
• Penyerapan
Bayangan
• Bayangan adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model illuminasi.
• Metodenya melliputi : – Penentuan permukaan tampak pada setiap pixel – Perhitungan normal pada permukaan – Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.
• Metode pembuatan bayangan cukup mahal, untuk membuatnya lebih efisien dilakukan melalui kustomisasi untuk merepresentasikan permukaan yang spesifik.
• Jaring poligon secara umum sering digunakan untuk merepresentasikan permukaan yang kompleks. • Informasi geometri yang tersedia hanyalah vertice dari poligon
• Interpolasi dari model bayangan dapat digunakan untuk meningkatkan substansi secara lebih efisien.
• Pemodelan : kreasi dan manipulasi representasi objek atau sistem
• Model -> Render -> Display
• Tipe Model – Model Geometri
• Penggunaan entitas geometri untuk menggambarkan objek
• Contoh : garis, poligon, kurva, dll – Model Descriptive
• Representasi matematik atau konseptual
• Contoh : persamaan dan deskripsi atribut
• Representasi Pemodelan – Constructive Solid Geometry (CSG) dan Hierarchical Modelling – Hierarchical Modelling : model grafis yang disusun dari sejumlah model individual – Hierarchical model melibatkan proses transformasi
Representasi
• Representasi Objek 3D – Representasi Batas
• Representasi Permukaan
• Facet poligon, permukaan spline dikonversi ke dalam bentuk jaring poligon – Representasi Solid (Space partitioning)
• Representasi objek melalui sekumpulan set padat (kubus).
Illuminasi
• Illuminasi : Perpindahan energi (khusunya luminous flux dari cahaya yang terlihat) dari sumber cahaya ke permukaan dan titik-titik.
• Bagaimana kita memodelkan cahaya/sinar ?
• Bagaimana kita memodelkan pantulan dari permukaan yang dikenai cahaya
• Komponen Illuminasi : – Sumber Cahaya
• Spektrum Daya Pancar/ Emittance Spectrum (Warna)
• Geometry (posisi dan arah)
• Pelemahan Arah /Directional Attenuation – Properti Permukaan/Surface Properties
• Spektrum Pantulan /Reflectance Spectrum (Warna) untuk beragam aspek illuminasi
• Geometry (posisi, orientasi,dan struktur mikro)
• Penyerapan
Bayangan
• Bayangan adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model illuminasi.
• Metodenya melliputi : – Penentuan permukaan tampak pada setiap pixel – Perhitungan normal pada permukaan – Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.
• Metode pembuatan bayangan cukup mahal, untuk membuatnya lebih efisien dilakukan melalui kustomisasi untuk merepresentasikan permukaan yang spesifik.
• Jaring poligon secara umum sering digunakan untuk merepresentasikan permukaan yang kompleks. • Informasi geometri yang tersedia hanyalah vertice dari poligon
• Interpolasi dari model bayangan dapat digunakan untuk meningkatkan substansi secara lebih efisien.