Rotasi R dan L adalah Rotasi Right dan Left. Rotasi ini menggunakan keyboard R dan L kalo kita ketik R media akan berputar ke kanan dan L media akan berputar ke kiri.
#include<gl/gl.h>
#include<stdlib.h>
float spin = 0.0;
//fungsi keyboard untuk menentukan putaran//
void myKeyboard(unsigned char key, int x, int y){
if(key=='r') spin +=5;
else if(key=='l') spin -=5;
else if (key == 'q') exit(0);
}
void renderScene(void) {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glRotatef(spin, 0.0, 0.0, 0.1);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glVertex3f(-0.1,-0.5,0.0);
glVertex3f(0.5,0.0,0.0);
glVertex3f(0.0,0.5,0.0);
glEnd();
glPopMatrix();
glutSwapBuffers();
}
void timer(int value){
glutPostRedisplay();
glutTimerFunc(100,timer,0);
}
int main( int argc, char** argv )
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_DOUBLE | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(320,320);
glutCreateWindow("R , L dan Q");
glutDisplayFunc(renderScene);
glutIdleFunc(renderScene);
glutTimerFunc(100,timer,0);
glutKeyboardFunc(myKeyboard);
glutMainLoop();
}
Ini tugas quis yang akan di sebar di blog ini. .
Ini rumusnya pake dev C++ yak. .
biasa pake FILE pilih NEW pilih Project pilih Multimedia dan pilih glut yah. Inget glut. .
Bisa juga si pilih FILE pilih NEW pilih PROJECT pilih Windows Application (tapi kalo pake ini Linker selalu ilang harus di save lagi) RIBETTT. [!] [!]
Nah setelah muncul projectnya simpen project dan main di folder yang sama. setiap 1 project 1 folder. . okehhh BIAR GAK ACAK ACAKAN. CUKUP KALIAN AJA yang ACAK - ACAKAN JANGAN PROGRAM juga. . Okay.
nihh Rumus nya . . . COPAS deh . . .
#include<gl/glut.h>
#include<gl/glu.h>#include<gl/gl.h>
#include<stdlib.h>
float spin = 0.0;
//fungsi keyboard untuk menentukan putaran//
void myKeyboard(unsigned char key, int x, int y){
if(key=='r') spin +=5;
else if(key=='l') spin -=5;
else if (key == 'q') exit(0);
}
void renderScene(void) {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glRotatef(spin, 0.0, 0.0, 0.1);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glVertex3f(-0.1,-0.5,0.0);
glVertex3f(0.5,0.0,0.0);
glVertex3f(0.0,0.5,0.0);
glEnd();
glPopMatrix();
glutSwapBuffers();
}
void timer(int value){
glutPostRedisplay();
glutTimerFunc(100,timer,0);
}
int main( int argc, char** argv )
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_DOUBLE | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(320,320);
glutCreateWindow("R , L dan Q");
glutDisplayFunc(renderScene);
glutIdleFunc(renderScene);
glutTimerFunc(100,timer,0);
glutKeyboardFunc(myKeyboard);
glutMainLoop();
}
Setelah itu coba run pasti ada kata kata suruh save , save aja gak papa. Pasti begini. .
Finish. . . Selamat Mancubo Program nyo. [!]

